Thursday 27 October 2016

[Materi] Jenis-Jenis Pernapasan

Sebelum kita membahas materi ini, ada baiknya kalian memahami dulu penjelasan mengenai udara pernapasan. Jika sudah, untuk materi selanjutnya kita akan mempelajari mengenai organ-organ penyusun sistem pernapasan pada manusia. 
Gambar 1. Proses bernapas.

Respirasi terdiri dari 2 fase yaitu:
Inspirasi: proses pemasukan oksigen kedalam tubuh.
Ekspirasi: proses pengeluaran karbon dioksida dari dalam tubuh.

1. Pernapasan dada
Pernapasan dada adalah mekanisme pernapasan yang melibatkan kerja otot antartulang rusuk. Berikut ini merupakan mekanisme yang terjadi pada saat pernapasan dada:

Fase inspirasi pernapasan dada:  Otot antar tulang rusuk berkontraksi → rusuk terangkat → paru-paru mengembang → tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar → udara luar masuk ke paru-paru.

Fase Ekspirasi pernapasan dada:  Otot antar tulang rusuk relaksasi → tulang rusuk menurun → paru-paru menyusut → tekanan udara dalam paru-paru lebih besar dibandingkan dengan tekanan udara luar → udara keluar dari paru-paru.

Pernapasan dada tidak baik digunakan sebagai teknik pernapasan dalam bernyanyi, karena penggunaan pernapasan ini menyebabkan penyanyi menjadi cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus.
Gambar 2. Mekanisme pernapasan dada. 

2. Pernapasan Perut
Pernapasan perut adalah mekanisme pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Perlu dicatat, bahwa otot diafragma adalah otot rongga perut, dan itu berbeda dengan otot perut. Otot diafragma terletak di bawah rongga dada dan berbentuk seperti kubah otot. Organ tubuh ini memisahkan jantung dan paru-paru dengan organ perut (lambung, usus, limpa, dan hati). Berikut ini merupakan mekanisme yang terjadi pada saat pernapasan perut:

a. Fase Inspirasi pernapasan perut: Diafragma berkontraksi → posisi diapragma dari melengkung menjadi mendatar → paru-paru mengambang → tekanan udara dalam paru-paru lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar → udara masuk.

b. Fase ekspirasi pernapasan perut: Otot diafragma relaksasi → posisi dari mendatar kembali melengkung → paru-paru mengempis → tekanan udara di paru-paru lebih besar dibandingkan tekanan udara luar → udara keluar dari paru-paru.
Gambar 3. Terlihat posisi faring lebih atas dari posisi laring.

Untuk materi selanjutnya mengenai jenis-jenis pernapasan pada manusia silakan klik di sini.

Materi yang berhubungan dengan Sistem Pernapasan pada Manusia:
loading...
loading...

0 komentar: