Saturday 25 March 2017

Mencari Investor untuk Lembaga Pendidikan

Dear All,
Semoga semua mahluk hidup berbahagia.

Perkenalkan nama saya Rofa Yulia Azhar, saya seseorang yang tertarik dengan pendidikan, sains, dan matematika. Untuk profil lengkap saya silakan baca di sini.

Saya sedang mencari investor jangka panjang untuk meengambangkan project yang sedang saya rintis, yaitu mengembangkan lembaga pendidikan "ROFA Education Centre". Pengembangan lembaga pendidikan ini dimulai dari dunia maya, yaitu melalui fanspage  facebook, youtube, instagram, dan blogspot pada tanggal 18 Februari 2017. Berikut alamat media sosial yang sedang saya kembangkan:

Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE

Berikut juga data follower dan jumlah kunjungan dari beberapa media sosial ke ROFA Education Centre. Semua data di bawah ini merupakan hasil dari akun organik, tanpa promosi atau cara gelap lainnya.


Alasan saya mulai merintis lembaga pendidikan "ROFA Education Centre" karena kekhawatiran saya terhadap banyaknya informasi sesat di media sosial, berupa hoax, terutama hoax di bidang sains (pseudosains), yang menurut saya merupakan bagian dari pembodohan bangsa. Alasan kedua adalah karena saya melihat kualitas pendidikan Indonesia yang seperti jalan di tempat. Sekolah "bagus" memang semakin banyak, tetapi biaya pendidikannya semakin tak tersentuh orang miskin. Secara sederhananya, yang kaya makin pintar, dan yang miskin makin bodoh. Alasan terakhir, adalah karena media sosial merupakan sarana paling efektif dan efisien, dan paling memungkinkan untuk saya saat ini. Dikarenakan pekerjaan saya sebagai guru honorer tidak memungkinkan saya untuk memberikan dedikasi yang lebih besar untuk bangsa ini.

Cita-cita besar saya adalah ingin membangun sekolah berkualitas, terbaik, dan berorientasi pada pembentukan karakter dan sains, tapi dengan biaya yang murah. Tapi saya sadar, mimpi itu sangatlah tinggi. Maka dari itu saya sudah menyusun roadmap pengembangan lembaga pendidikan yang akan saya buat, sembari berharap ada bantuan modal dari investor. Adapun roadmap yang saya susun adalah sebagai berikut:

1. Tahap Media Sosial (Dunia Maya)
Mengembangkan lembaga pendidikan ROFA Education Centre di media sosial, terutama di bidang blogger/website (fokus membahas kunci jawaban, dan materi SD-SMA), dan juga youtube (fokus membahas vlog pembelajaran, permainan sains, dan soal-soal). Tahap terakhir adalah mengembangkan animasi pembelajaran dan aplikasi virtual lab.

Rencana Pengembangan: 3 tahun
Keuntungan: Adsense
Target keuntungan:  50-100 Jt/bulan (setelah 3 tahun pengembangan)
Modal yag diperlukan: 150 Jt - 300 Jt
Profit Share: 30 investor : 70 pengembang (diberikan setelah 1 tahun menanam modal)
Rencana Belanja Modal: Sewa rumah, mempromosikan akun, membeli 4-6 komputer untuk editing video, gaji karyawan 3-5 orang untuk satu tahun (rencana mempekerjakan mahasiswa untuk menekan gaji), membeli kamera 1 buah dan camcorder 2 buah, membeli printer 1 buah, membuat mini studio untuk pengambilan video, membeli hosting dan domain web, membeli ATK, membeli alat dan bahan untuk praktikum.

2. Tahap Hadir Di Dunia Nyata
Mengembangkan lembaga les privat dan bimbingan belajar setelah 3-5 tahun mengembangkan lembaga pembelajaran di dunia maya.

Rencana Pengembangan: Setelah 3 tahun pengembangan di dunia maya
Keuntungan: Biaya pendaftaran 
Target keuntungan:  80-150 Jt/bulan (setelah 3 tahun pengembangan)
Modal yag diperlukan: 500 Jt - 2 M
Profit Share: 30 investor : 70 pengembang (diberikan setelah 2 tahun menanam modal)
Rencana Belanja Modal: Sewa rumah/bangun bangunan baru, media promosi, meja, kursi, projektor, AC, Perlengkapan kelas, komputer, CCTV, finger print, printer, gaji guru selama 1 tahun, media pembelajaran, dan alat praktikum.

3. Tahap Puncak Cita-Cita
Membangun sekolah berbasis praktikum dan boarding school yang ramah biaya dan terjangkau. Biaya masuk sekolah ditargetkan di kisaran 5 Jt untuk SMA dan biaya bulanan sekitar 300.000 (belum termasuk biaya makan).

Rencana Pengembangan: Setelah 3 tahun pembangunan bimbel
Keuntungan: Biaya pendaftaran 
Target keuntungan:  100-200 Jt/bulan (setelah 5 tahun pengembangan)
Modal yag diperlukan: 3 M - 10 M
Profit Share: 30 investor : 70 pengembang (diberikan setelah 3 tahun menanam modal)
Rencana Belanja Modal: membeli tanah, membangun sekolah, ruangan guru, lapangan olahraga, asrama, media promosi, meja, kursi, projektor, AC, CCTV, perlengkapan kelas, komputer, finger print, printer, gaji guru selama 1 tahun, media pembelajaran, dan alat praktikum.

Kesimpulan
Saya tahu apa yang saya tawarkan tidaklah menarik bagi para investor yang berorientasi pada keuntungan yang cepat dan besar. Tapi memang niat awal dari pembuatan lembaga pendidikan ini memanglah bukan 100% bisnis. Tapi berlandaskan pada niat baik memberikan "pendidikan berkualitas" bagi semua orang.

Sekian dari saya, jika Anda berminat dengan penawaran saya atau  meminta detail berupa proposal usaha saya, silakan hubungi saya di:
No. HP: 0877 2248 8554 (XL)
loading...
loading...

0 komentar: